Total Tayangan Halaman

Senin, 31 Januari 2011

Sesuap nasi putih

Dewasa ini mencari tempat makanan yang enak di Jakarta tidak lagi sulit dicari, dimulai dari restaurant-restaurant kelas atas, hingga kafe dan makanan pinggir jalan yang enak dan dengan harga yang lebih terjangkau.
Ketika malam hari kota Jakarta begitu gemerlap. Tempat makan pinggir jalan menjadi pilihan masyarakat, bahkan tempat makan pinggir jalan itu pun ada yang menjadi tempat favourit, misal Seafood di daerah kalimati, seafood dan kerang rebus daerah kemayoran, seafood di daerah ancol, kafe2 untuk tempat nongkrongnya anak muda di daerah PIK, Ayam goreng di Pejagalan, bubur di mangga besar dll.
Makanan-makanan yang disajikan uenak dan lezat namun jg terhitung murah.
Mereka yang hadir dapat menikmati santap malam dengan sangat nikmat, bahkan sering kali karena terlalu bnyk yg dipesan sering kali harus terbuang karena tidak habis. Jika kt melihat hingar bingar ini sepertinya Indonesia sangat "Wah" !
Namun tidak banyak orang tahu dan tidak sadar, bahwa di sisi lain Indonesia ada bbrp penduduk yang begitu miskin, jangankan seafood spt yg kita makan, bahkan utk bisa makan hari ini saja mereka belum tau.. Dan tragisnya kemiskinan penduduk di sisi lain Indonesia ini harus makan nasi aking.
Nasi aking adalah nasi-nasi yang tidak habis dimakan (sisa) dan dibuang oleh orang lain, lalu dikumpulkan semua sisa2 itu lalu dibersihkan, dicuci, dan dijemur.
Lalu setelah kering dimasaka lagi oleh mereka.
Sering kali kita orang kota hanya berpikir tentang diri kita, membuang makanan yang tidak habis dengan santai tanpa rasa bersalah, dan juga kita tidak bersyukur atas pendapatan yang kita berikan untuk dibuang percuma (dibakar) "pada tahun baru atau hari2 perayaan semakin banyak uang yg dimiliki sereorang semakin banyak yg dibakar, maksud saya adalah petasan yang harganya tidak murah."
lebih syukuri ap yang kalian miliki ada uang lebih gunakan untuk menyumbang di hari perayaan saya rasa itu lebih berguna. GBU

Oleh : Nadi admaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar