Total Tayangan Halaman

Jumat, 21 Januari 2011

Menangkap sisi lain buku Kartini yang berjudul Habis gelap terbitlah terang

Seperti yang kita ketahui Ra. kartini pernah menulis sebuah buku yang berisi semangat untuk bangsa Indonesia yang berjudul 'Habis Gelap Terbitlah Terang'. mungkin tidak banyak orang tahu kalu judul sebenarnya adalah 'Dari Gelap Menuju Terang'.

Kalu kita membaca judul ini maka kita akan berpikir "benar", karena judul ini beranggapan bahwa gelap=masalah atau kekelaman atau kesedihan, dan terang adalah kebahagiaan atau jalan keluar dari masalah (tapi menurut saya lebih merujuk pada kebahagiaan). Istilah pada judul ini sama dengan sebuah istilah yang juga di pakai menjadi sebuah judul lagu yang dipakai salah satu band ternama di Indonesia, istilah tersebut adalah 'Badai Pasti Berlalu'. Kedua istilah ini benar apa adanya, maksud dan tujuannya juga sangatlah positive.

Saat seseorang seddang dalam masalah biasanya temannya akan bebicara dan menghibur dengan istilah ini atau sejenisnya yang kurang lebih maksud dan tujuannya adalah sama.

Sering kali orang hanya memandang istilah seperti ini dari satu sisi 'Habis Gelap Terbitlah Terang'. Ini memang membangkitkan dan memberikan gairah untuk bangkit dari keterpurukan, namun banyak orang tidak menyadari kelanjutan dari istilah ini, kalau ada gelap menuju terang maka akan ada terang menuju gelap, kita tidak bisa pungkiri ini.

Gelap dan terang tidak pernah bisa menyatu jika ada gelap maka terang tidak di sana, jika terang muncul maka gelap akan menghindar. Istilah ini baik namun juga tetap ada sisi lainnya yang harusnya orang pahami ini. Jika ada orang yang dalam kesedihan maka bersiap-siaplah untuk menerima kebahagiaan, namun orang yang yang sedang dalam kebahagiaan maka harus juga bersiap-siap untuk menerima kesedihan.

Saya mengambil sisi lain dari istilah ini bukan untuk melemahkan namun untuk mempersiapkan.


By : Nadi admaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar